Wednesday, December 10, 2008

Virginia Henderson

VIRGINIA HENDERSON

Author : Sudiryo
NPM : 220111080041
Untuk E-Learning Fakultas Ilmu Keperawatan UNPAD Bandung

Lahir di Kansas city Missouri tahun 1897, anak ke 5 dari 8 bersaudara. Tertarik dengan keperawatan selama perang dunia pertama, ia ingin membantu personal militer yang sakit dan terluka. Ia lulusan dari Army School Of Nursing di Washington DC tahun 1921, BS dan MA tahun 1926. Sejak tahun 1953 menjadi associate Riset di Yale University School Of Nursing. Menerima Honorary Doktoral dari Chatolik Univercity Of America Pace Univercity,Univercity Of Rochostre, University Of Wstern Ontario dan Yale Univercity. Buku yang dipublikasikan “The Nature Of Nursing dan Basic Of Nursing Care”

Komponen-komponen yang mendasari model keperawatan Virginia Henderson :
THE ACTIVITIES OF LIVING
Definisi keperawatan menurut Virginia Hendorson (1966) adalah :

Fungsi unik dari keperawatan adlah membantu individu baik sehat atau sakit dalam melaksanakan aktivitas yang mendukung kesehatan , penyembuhanatau meninggal dunia dengan damai, dimana individu tersebut melakukannya dengan mandiri saat individu tersebut memiliki kekuatan, kemauan atau pengetahuan.

KEYAKINAN DAN TATA NILAI

Fokus keperawatan adalah klien yang memiliki ketertarikan hidup secara individual selama daurkehidupan bergerak dari ketergantungan kearah kemandirian sesuai dengan usia, kemauan atau pengetahuan.
Perawat merupakan penolong utama individu dalam melaksanakan aktifitas penting untuk memelihara dan memulihkan kesehatan atau meninggal dunia dengan damai, dimana bantuan yang diberikan oleh perawat dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan kekuatan atau kemauan klien melaksanakan 14 komponen keperawatan dasar,
Hal-hal yang harus diperhatikan selama memberikan asuhan adalah:
manusia mengalami perkembangan mulai dari konsepsi, meninggal dunia melalui proses tumbuh kembang.
Individu dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari mulai ketergantung - Mandiri

Rentang ini dapat dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain:
Pola asuh orang tua
Lingkungan, latar bbelakang budaya
Kesehatan dll

Individu dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari dapat ditemui kondisi :
- Belum dapat melaksanakan aktifitas
- Terhambat melakukan aktifitas lagi
- Tidak dapat melakukan aktifitas lagi

1 comment:

LUZNI NOVITA said...

to be continued...
Utk kemajuan keilmuan dan keprofesian keperawatan di Indonesia, pelajari konsep2 keperawatan terkenal ini. Siapa tak kenal Virginia Henderson. Meski tak kenal paling tidak, dengar namanya, syukur2 kalau kenal konsep2nya dan hafal... He.. he.. he...